Di tengah usaha yang semakin kompetitif dan dinamis, kecepatan dan kemudahan dalam memperoleh legalitas menjadi faktor kunci yang tak bisa terabaikan oleh pelaku usaha. Dulu, proses perizinan usaha terkenal lambat, tumpang tindih, dan memakan waktu. Namun, kini pelaku usaha tidak perlu repot lagi karena telah hadir sistem OSS RBA. sebuah inovasi dari pemerintah yang mempercepat proses legalitas usaha berbasis risiko.
OSS RBA tidak hanya mempercepat proses pengurusan perizinan, namun juga mengintegrasikan berbagai jenis perizinan ke dalam satu pintu elektronik. Artinya, pelaku usaha tidak perlu lagi berpindah-pindah lembaga. Artikel ini akan membahas secara menyeluruh mengenai OSS RBA.
Apa Itu OSS RBA?
Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) adalah sistem perizinan berusaha yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia melalui lembaga OSS. Sistem ini berlaku sejak 2021 untuk menggantikan sistem OSS lama dengan pendekatan berbasis risiko.
Melalui pendekatan berbasis risiko memungkinkan setiap kegiatan usaha dikategorikan berdasarkan tingkat risiko. Semakin rendah risikonya maka semakin sederhana pula proses perizinan yang kamu butuhkan, dan begitupun sebaliknya. Dengan pendekatan ini, usaha mikro hingga skala besar bisa mendapatkan legalitas sesuai dengan tingkat risiko dan jenis kegiatannya.
Siapa yang Wajib Menggunakan OSS RBA?
Setiap pelaku usaha, baik yang berskala mikro, kecil, maupun besar wajib menggunakan OSS RBA untuk mengurus perizinan usaha. Baik pelaku usaha perorangan, maupun badan usaha perlu memiliki akun OSS dan mengajukan izin usaha melalui platform ini.
Selain itu, OSS RBA juga berlaku bagi investor asing (PMA) yang ingin menjalankan usaha di Indonesia. Sistem ini menjadi gerbang utama untuk mendapatkan nomor induk berusaha (NIB), izin operasional dan izin lainnya. Karena itu, memahami mekanisme OSS RBA menjadi langkah krusial bagi siapapun yang ingin menjalankan bisnis secara legal dan terstruktur.
Apa Manfaat OSS RBA Bagi Pelaku Usaha?
Sistem OSS RBA membawa perubahan besar dalam dunia perizinan di Indonesia. Pelaku usaha tidak hanya mendapatkan kemudahan dari sisi prosedural, namun juga merasakan efisiensi waktu dan biaya yang signifikan. Berikut ini beberapa manfaat utama OSS RBA, antara lain:
- Proses Perizinan Lebih Cepat
Pertama, seluruh proses berjalan secara daring dan sistem otomatis memberikan informasi status pengajuan secara real-time. - Mengurangi Praktik Birokrasi yang Berbelit
Karena seluruh data berjalan melalui digital, risiko intervensi oknum tertentu bisa diminimalkan. Jadi, pelaku usaha hanya merujuk pada sistem digital. - Legalitas Lebih Terintegrasi
Dalam satu kali proses, pelaku usaha bisa memperoleh berbagai perizinan sekaligus. Mulai dari NIB, izin lokasi, hingga izin lanjutan. - Meningkatkan Kepercayaan Investor
Perusahaan yang legal dan terdaftar di OSS tentu akan mendapatkan kepercayaan dalam kerja sama bisnis atau pengajuan pembiayaan. Maka dari itu, pelaku usaha harus memiliki legalitas yang lengkap.
Kontak JasaNotaris
Mengurus legalitas usaha bukan lagi proses yang rumit dan memakan waktu. OSS RBA hadir sebagai jawaban modern atas kebutuhan pelaku usaha yang ingin cepat, praktis, dan sah menjalankan bisnis. Memanfaatkan OSS RBA adalah langkah awal yang tepat untuk membangun bisnis legal, kompetitif, dan berkelanjutan.
Siap menjalani bisnis yang legal dan aman? Tak perlu repot dengan urusan dokumen karena Jasa Notaris hadir sebagai mitra terpercaya. Melalui Jasa Notaris, semua urusan legalitas usaha dapat teratasi dengan tepat.
Jadi tunggu apalagi? Yuk, klik di sini sekarang dan dapatkan konsultasi gratis tentang kebutuhanmu. Kamu juga bisa kunjungi website kami di jasanotaris.co.id untuk melihat berbagai layanan yang tersedia. Ikuti juga keseruan kami di @jasanotaris.co.id untuk beragam aktivitas terbaru.