Jasa Notaris

Struktur Manajerial Dalam PT: Bagaimana Cara Kerjanya?

Struktur Manajerial Dalam PT: Bagaimana Cara Kerjanya?

Dalam mendirikan dan menjalankan Perseroan Terbatas (PT), memahami struktur manajerial dan organisasi adalah hal yang krusial. Struktur ini menjadi fondasi yang memastikan perusahaan beroperasi secara efektif, memiliki alur kerja yang jelas, serta sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Struktur manajerial dalam PT menentukan siapa yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis, siapa yang mengelola operasional harian, dan bagaimana komunikasi internal antar divisi berlangsung. Dengan struktur yang baik, PT tidak hanya lebih profesional, namun juga memiliki kepercayaan di mata investor, mitra, bisnis, dan klien.

Pengertian Struktur Manajemen Perusahaan

Struktur manajemen perusahaan adalah bentuk pengorganisasian internal perusahaan, terutama di bawah kepemimpinan direksi, yang mencakup berbagai posisi, dan fungsi untuk mengelola kegiatan operasional. Adanya susunan ini penting untuk menentukan alur tanggung jawab, wewenang, serta efektivitas komunikasi dalam perusahaan. 

Struktur ini bisa berbentuk:

  • Pertama, Struktur Vertikal/Hierarki: Umumnya terpakai oleh perusahaan besar, alur keputusan ada di kekuasaan paling tinggi.
  • Kedua, Struktur Matriks: Cocok untuk perusahaan proyek atau kreatif yang melibatkan kerja tim lintas departemen.
  • Ketiga, Struktur Fungsional: Mengelompokkan staf berdasarkan keahlian/divisi seperti pemasaran, produksi, dan keuangan.

Struktur manajemen adalah sistem kerja yang mengatur peran dan tanggung jawab di dalam perusahaan, serta sangat penting untuk memastikan operasional berjalan dengan efisien dan terarah. Dengan menerapkan struktur manajemen yang tepat membantu perusahaan untuk menyusun strategi yang tepat dan efisien. Selain itu, juga mempercepat proses pengambilan keputusan, dan meningkatkan produktivitas antar tim. 

Struktur Organisasi Dalam PT

Struktur organisasi dalam PT secara umum terdiri atas dua lapisan utama, yaitu organ struktur formal dan unit kerja fungsional. Di tingkat tertinggi, PT memiliki pemegang saham, komisaris, dan direksi sebagai tiga organ utama sesuai UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Adapun komponennya adalah sebagai berikut:

Komponen utama dalam struktur organisasi PT:

  • Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS): Merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam PT. RUPS memutuskan hal strategis seperti pengangkatan demisi direksi dan komisaris, pembagian dividen, hingga perubahan anggaran dasar.
  • Dewan Komisaris: Bertugas melakukan pengawasan terhadap kebijakan direksi dan memberikan nasihat demi kepentingan [perusahaan.
  • Direksi: Berperan menjalankan kegiatan operasional sehari-hari perusahaan dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan internasional.

Struktur organisasi ini bersifat hierarki dan saling mengawasi, menciptakan sistem check and balance agar perusahaan tidak tersalahgunakan oleh pihak tertentu. Struktur tersebut saling berkesinambungan dalam menjalankan fungsinya sebagai pengawasan dan operasional.

Posisi dan Pangkat Dalam PT, Tugasnya Apa Saja?

Dalam praktiknya, struktur organisasi di PT terdiri dari berbagai jabatan dengan fungsi masing-masing. Berikut beberapa posisi umum yang ada dalam struktur PT.

Posisi Manajerial Umum di PT:

  • Direktur Utama: Pemimpin tertinggi yang memimpin seluruh strategi dan operasional.
  • Direktur Keuangan: Mengelola arus kas keuangan, laporan keuangan, dan strategi pembiayaan.
  • Direksi Operasional: Menyusun dan menjalankan SOP, mengelola lini produksi hingga distribusi.
  • Direktur Pemasaran: Bertugas menyusun strategi pemasaran, branding, dan penjualan.

Posisi Fungsional:

  • Manajer SDM,
  • Kemudian ada Manajer Produksi,
  • Lebih lanjut, ada Manajer IT, dan
  • Manajer Legal & Compliance

Dalam praktiknya, posisi dalam PT dapat sangat beragam tergantung skala dan jenis usahanya, namun secara umum memiliki struktur manajerial yang memastikan setiap aspek operasional dapat terkelola dengan baik. Kemudian, di perusahaan kecil umumnya satu orang bisa memegang beberapa posisi. Namun akan lebih terspesialisasi seiring pertumbuhan bisnis.

Divisi Dalam PT Adalah Unit Penunjang Operasional

Selain posisi, divisi adalah bagian penting dari organisasi yang membagi pekerjaan berdasarkan fungsi. Divisi membantu perusahaan beroperasi lebih efisien dengan kejelasan tugas antar tim. Divisi dalam perusahaan biasanya meliputi:

  • Divisi Keuangan: Mengelola transaksi, pengeluaran, hingga pelaporan pajak.
  • Kedua, Divisi HRD: Melaksanakan rekrutmen, pelatihan, dan pengelolaan karyawan.
  • Ketiga, Divisi Produksi/Operasi: Mengurus produksi barang atau jasa.
  • Keempat, Divisi Pemasaran: Menangani promosi, branding, dan riset pasar.
  • Kelima, Divisi IT: Menyediakan sistem dan teknologi yang mendukung operasional bisnis.

Pembagian divisi ini penting agar peran dan tanggung jawab tidak tumpang tindih, sekaligus mempercepat alur kerja dan pengambilan keputusan dalam masing-masing lini. Divisi dalam PT memungkinkan spesialisasi dan efisiensi kerja yang berdampak langsung pada kualitas operasional dan kepuasan pelanggan.

Setelah mengulas mengenai posisi, struktur, hingga divisi dalam PT, lantas bagaimana jika ingin mendirikan bisnis dengan PT? Apa saja yang syarat, dokumen yang Anda dapatkan, hingga tahapan pendiriannya? Berikut penjelasannya.

Persiapan Pendaftaran PT

Syarat Pendirian PT

  • Memiliki dua pemegang saham (bukan suami istri dengan harta bersama)
  • Mempunyai minimal 1 direktur dan 1 komisaris
  • Menyetorkan modal minimal 25% dari modal dasar
  • Alamat usaha berlokasi di zona niaga (bukan perumahan)
  • Nama PT berisi dari 3 kata
  • Memilih maksimal 5 KBLI

Dokumen yang Anda Dapatkan

  • Akta pendirian
  • SK Kemenkumham
  • NPWP
  • NIB
  • Izin usaha OSS
  • Pembukaan rekening

Tahapan Pendirian PT

  • Pengecekan data
  • Drafting akta
  • Penandatanganan & pengiriman minuta
  • Penerbitan salinan akta dan SK Kemenkumham
  • Pengurusan NPWP dan NIB

Kontak JasaNotaris

Memahami struktur manajerial dalam PT adalah langkah penting bagi siapapun yang ingin membangun bisnis yang solid dan profesional. Tidak hanya tentang legalitas, tapi juga efisiensi dan kejelasan operasional internal. Jika Anda tertarik mendirikan PT, pastikan struktur organisasinya jelas sejak awal agar prosesnya lebih lancar dan siap untuk berkembang.

Tertarik mendirikan PT? Klik di sini untuk mendapatkan perusahaan dengan struktur organisasi impian Anda. Tunggu apalagi? Bersama JasaNotaris, proses pendirian PT mu akan berjalan dengan mudah, dan mulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *